Ikhitisar
- Langkah-langkah :Membaca
- Menentukan hal-hal penting
- Menuliskan kembali hal-hal yang penting tersebut (bisa menggunakan bahasa sendiri dan urutannya tidak harus sesuai dengan urutan karangan asli)
Langkah-langkah
- Membaca
- Menentukan hal-hal yang penting
- Menentukan :
- Σ Baris (dengan cara yaitu melipat kertas yang akan kita ringkas secara vertikal, dan lihat apakah kata perbaris melewati garis lipatan. jika iya, maka dikatakan 1 baris, jika tidak artinya tidak dikatakan 1 baris
- Σ Kata perbaris
- kata karangan asli = Σ halaman x Σ Baris x Σ Kata perbaris
- Σ Kata ringkasan = Σ Kata karangan asli : 5
- Σ Panjang ringkasan = Σ Kata ringkasan : 9 (sembilan disini adalah jumlah ideal dari kata perbaris)
4. Memutuskan kembali hal-hal yang penting sesuai rumus nomor 3
(ket : Simbol Σ (Sigma) artinya adalah jumlah)
Contoh Membuat Ringkasan/Rangkuman:
Masalah-masalah yang dihadapi di
bidang pendidikan pada saat akan dimulainya pelaksanaan Repelita I adalah sangat berat dan mendesak. Di bidang kurikulum terasa sekali kebutuhan akan
pembaharuan agar sistim pendidikan dapat memenuhi tuntutan pembangunan dan
kemajuan. Di samping itu terdapat ketidak seimbangan baik di antara berbagai tingkat pendidikan (vertikal) maupun di antara berbagai jenis pendidikan
(horizontal). Selanjutnya jumlah anak yang berusia sekolah yang tidak tertampung di sekolah
jauh lebih besar dari jumlah anak yang bersekolah. Demikian pula jumlah anak
yang putus sekolah (drop out) adalah jauh lebih besar dari pada mereka yang
berhasil menyelesaikan suatu tahap pendidikan.
Sementara itu, tenaga-tenaga yang bekerja di bidang pendidikan baik teknis maupun administratif sangat kurang jumlahnya. Di samping itu mutu
keahlian tenaga-tenaga tersebut perlu ditingkatkan. Prasarana pendidikan seperti gedung dan ruang
sekolah sangat tidak mencukupi.
Buku-buku pelajaran sangat sedikit jumlahnya. Kecuali itu sedikit sekali sekolah-sekolah yang mempunyai perpustakaan, alat-alat peraga ataupun
laboratorium dan tempat praktek.
Akhirnya
organisasi dan pengelolaan pendidikan dan kebudayaan baik di pusat maupun di daerah
belum mencerminkan kerjasama yang serasi. Demikian pula belum ada sistim
informasi pendidikan untuk k perluan perencanaan yang terarah." (Pidato Kenegaraan, Dep. Penerangan, 1974).
(Ket : kata yang digaris bawahi adalah inti kata dari karangan.)
Jawab :
pertama kita harus tentukan : Σ halaman : 1 (sesuaikan dengan karangan yang akan dirangkum)
Σ Baris : 22 (hitung jumlah baris karangan)
Σ Kata perbaris : 9 (kita bisa pakai jumlah ideal kata perbaris saja, yaitu 9)
kata karangan asli = 1 x 22 x 9
= 180
Σ Kata ringkasan = 198 (hasil dari 22 (Σ Baris) x 9 (Σ Kata perbaris) : 5
= 39,6 kata = ± 40 Kata
Σ Panjang ringkasan = 40 : 9
= 4,4 baris = ± 4 baris
terakhir, kita harus menggabungkan kata-kata inti (artinya tidak hanya kata yang digaris bawahi dikarangan atas harus digabungkan, kita bisa menggunakan kata bantu/mengganti kata inti menjadi lebih terpadu) dengan ketentuan :
Jumlah kata ringkasan 40 Kata dan jumlah panjang ringkasan 4 Baris.
Berikut hasil dari Ringkasan karangan diatas :
Masalah-masalah Repelita I : Kurikulum, ketidak-seimbangan tingkat dan jenis pendidikan, jumlah anak putus sekolah besar, tenaga-tenaga pendidikan kurang, mutu keahlian perlu ditingkatkan, Prasaran dan Sarana tidak mecukupi. Organisasi pengelolaan pendidikan belum mencerminkan kerja sama yang serasi dan belum ada sistem informasi pendidikan.
Catatan : -saya mengganti kata inti 'perpustakaan, alat-alat peraga, laboratorium ,tempat praktek' menjadi Sarana. karena sarana sudah mencakup semua kata-kata inti tersebut.
- jangan hitung jumlah baris karangan maupun hasil ringkasan yang saya pos, karena tidak akan sesuai (karena menyesuaikan dengan isi blog)
Ok.. Semoga membantu.
0 komentar:
Posting Komentar